Popular Post

Popular Posts

Posted by : Surya Putra 2013-09-08

Inilah daftar Top 10 Proyek Tunggal Termahal di Dunia . Yang  telah dihimpun dari berbagai sumber . Daftar ini tidak hanya terbatas pada obyek tujuan komersial namun juga tingkat ekonomisnya. 

1. Stasiun Luar Angkasa Internasional (Biaya: $ 157 Miliar)

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) merupakan fasilitas riset yang dikembangkan secara internasional yang pernah dirakit pada orbit bumi rendah. Konstruksi stasiun orbit dimulai pada tahun 1998 dan dijadwalkan selesai pada akhir 2011.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Stasiun ini diperkirakan akan beroperasi sampai  tahun 2015 atau paling lama 2020. Dengan massa lebih besar dari stasiun ruang angkasa sebelumnya, ISS dapat terlihat dari Bumi dengan mata telanjang, dan sejauh ini merupakan satelit buatan terbesar yang pernah mengorbit diatas Bumi.

Desain Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)
Desain Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) 

ISS berfungsi sebagai laboratorium penelitian yang memiliki lingkungan dengan gayaberat mikro di mana awak melakukan eksperimen dalam bidang biologi, kimia, biologi manusia, fisika, astronomi dan meteorologi. Stasiun ini mempunyai lingkungan yang unik untuk pengujian sistem pesawat ruang angkasa yang akan dibutuhkan untuk misi ke Bulan dan Mars.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang bisa dilihat dengan mata telanjang
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi

ISS dioperasikan oleh kru Ekspedisi, dengan program stasiun pertahanan dengan  keberadaan manusia di ruang angkasa terganggu sejak peluncuran Ekspedisi 1 pada tanggal 31 Oktober 2000, jumlah total 9 tahun dan 262 hari.

Negara: Canada, European Space Agency, Jepang, Rusia, Amerika Serikat
Tahun selesai: 2011 (diharapkan)
Biaya: $ 157 Miliar

2. Itaipu Dam (Biaya: $ 27 Miliar)

Itaipu Dam merupakan sebuah bendungan hidroelektrik di Sungai Paraná terletak di perbatasan antara Brasil dan Paraguay. Nama "Itaipu" diambil dari sebuah pulau yang ada di dekat lokasi konstruksi. Dalam bahasa Guarani, Itaipu berarti "suara batu". Seorang komposer Amerika Philip Glass juga menulis simfoni kata bernama Itaipu, untuk menghormati struktur.

Bendungan Itaipu

Bendungan ini merupakan fasilitas  operasional PLTA terbesar dari segi kapasitas pembangkit tahunan, menghasilkan 94,7 TWh pada tahun 2008 dan 91,6 TWh pada tahun 2009, sementara kapasitas pembangkit tahunan Three Gorges Dam adalah 80,8 TWh pada tahun 2008 dan 79,4 TWh pada tahun 2009.

Bendungan Taipu

Ini merupakan upaya antar dua negara yang dikelola Brazil dan Paraguay di atas Sungai Paraná di bagian perbatasan antara kedua negara, 15 km (9,3 mil) utara dari Friendship Bridge. Berkisar proyek dari Foz do Iguacu, Brasil, dan Ciudad del Este di Paraguay, di selatan ke Guaira dan Salto del Guaira di utara.

Pondasi bendungan Taipu

Kapasitas  pembangkit listrik  adalah 14 GW, dengan 20 unit pembangkit menyediakan 700 MW masing-masing dengan desain head hidrolik setinggi 118 m. Pada tahun 2008 pembangmkit listrik ini enghasilkan rekor 94680000000 kWh, memasok 90% dari energi yang dikonsumsi oleh Paraguay dan 19% dari yang dikonsumsi oleh Brazil.

Negara: Brazil, Paraguay
Tahun selesai: 1984
Biaya: $ 27 Miliar

3. Three Gorges Dam (Biaya: $ 25 milyar)

Three Gorges Dam adalah bendungan hidroelektrik yang membentang Sungai Yangtze di kota Sandouping, terletak di Kecamatan Yiling Yichang, Provinsi Hubei di, Cina. Ini merupakan pembangkit penghasil listrik terbesar di dunia.

Three Gorges Dam

Tanggul badan selesai pada tahun 2006. Kecuali untuk mengangkat kapal, komponen awalnya direncanakan proyek diselesaikan pada tanggal 30 Oktober 2008, generator-26  mulai operasi tujuan komersial.

Bendungan Three Gorges

Setiap pembangkit memiliki kapasitas 700 MW. Enam tambahan generator di pembangkit listrik bawah tanah diperkirakan operasional tidak selesai sepenuhnya sampai 2011.

Negara: China
Tahun selesai: 2011 (diharapkan)
Biaya: $ 25 Miliar
4. James Bay Project (biaya: 13,8 miliar)



The James Bay Project menunjuk pada konstruksi dengan utilitas BUMN Hydro-Québec serangkaian pembangkit listrik tenaga air di Sungai La Grande di barat laut Quebec, Kanada, dan berdekatan dengan anak sungai  ke Grande DAS La.



The James Bay Project



Dam Ini yang terletak di antara Teluk James di sebelah barat dan Labrador ke timur dan perairan mengalir dari Dataran Tinggi Laurentian dari Kanada Shield.



Proyek ini meliputi daerah seluas ukuran Negara Bagian New York dan merupakan salah satu sistem pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia. Proyek ini telah memakan biaya hingga $ 13 miliar dolar AS  serta memiliki kapasitas pembangkit terpasang 16.000 megawatt, sebanyak tiga kali lebih dari seluruh pembangkit listrik pada Air Terjun Niagara, delapan kali kekuatan Hoover Dam, dan dua kali lebih besar dari delapan reaktor unit pada Stasiun PLTN Bruce, yang terbesar di Amerika Utara.



Jika sepenuhnya diperluas untuk mencakup semua bendungan yang direncanakan semula, serta tambahan "James Bay II" proyek, sistem akan menghasilkan total 27.000 MW, sehingga sistem pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.



Negara: Canada

Tahun selesai: 1972

Biaya: 13,8 miliar





5. CVN-78 Class Aircraft Carrier (Biaya: $ 8,1 Miliar)



Kapal induk CVN-78  class (atau Ford-class) merupakan kapal induk  yang direncanakan bagi supercarrier untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, yang direncanakan mengganti operator Nimitz-class saat ini.



Desain CVN-78 Class Aircraft Carrier



Kapal baru ini akan menggunakan desain lambung yang sangat mirip dengan operator Nimitz, namun banyak aspek desain akan jauh berbeda, menerapkan teknologi terbaru yang dikembangkan dari desain awal kelas sebelumnya (seperti Electromagnetic Aircraft Launch System), serta berbagai fitur desain lain yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan biaya operasional, termasuk pengurangan persyaratan awak kabin. Lambung baris pertama tersebut diberinama Gerald R. Ford, dengan nomor lambung CVN-78.



CVN-78 Class Aircraft Carrier



Negara: Amerika Serikat

Tahun selesai: 2015 (diharapkan)

Biaya: $ 8,1 Miliar



6. Alaska Pipeline (Biaya: $ 8 Miliar)



Trans-Alaska Pipeline System (TAPS), mencakup Trans-Alaska Pipeline, 11 stasiun pompa, beberapa ratus mil dari pipa pengumpan, dan Marine Terminal Valdez.



Trans-Alaska Pipeline System (TAPS)



TAPS biasa disebut Alaska Pipeline, Trans-Alaska Pipeline, atau Alyeska Pipeline, namun istilah-istilah teknis hanya berlaku untuk 800,302 mil (1,287.961 km) dari pipleline dengan diameter 48 inci (122 cm) yang menyalurkan minyak mentah dari Prudhoe Bay, kepada Valdez, Alaska. Pipa minyak mentah milik perusahaan swasta  Alyeska Pipeline Service Company.



Trans-Alaska Pipeline System (TAPS)



Pipa ini dibangun antara tahun 1974 dan 1977 setelah krisis minyak tahun 1973 menyebabkan kenaikan tajam harga minyak di Amerika Serikat. Kenaikan ini membuat eksplorasi ladang minyak Prudhoe Bay semakin ekonomis.



Negara: United State

Tahun selesai: 1977

Biaya: $ 8 Miliar



7. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto (Biaya: $ 7,2 Miliar)



Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto berlokasi di Pulau Olkiluoto, yang terletak di pantai Teluk Bothnia di kotamadya Eurajoki di barat Finlandia. PLTN ini merupakan salah satu dari dua pembangkit listrik tenaga nuklir Finlandia, selain Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  dua unit VVER Loviisac.



Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto



Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto ini terdiri dari dua BWRs dengan 860 MWe. PLTN ini dipasok oleh ASEA-Atom, kini menjadi bagian dari ABB Group.  PLTN ini dioperasikan oleh Teollisuuden Voima, merupakan anak perusahaan dari Pohjolan Voima.



Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto



Unit tiga, EPR pertama (European Pressurized Reactor air) masih di bawah konstruksi, tetapi dengan berbagai permasalahan pengerjaan dan pengawasan telah membuat penundaan menjadi semakin mahal, dan menjadi subjek penyelidikan oleh lisensi STUK.A regulator nuklir Finlandia untuk reaktor keempat diberikan oleh parlemen Finlandia pada bulan Juli 2010.



Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  Olkiluoto



Negara: Finlandia

Tahun selesai: 2012 (diharapkan)

Biaya: $ 7,2 Miliar
8. ITER - Eksperimental Fusion Reaktor (Biaya: $ 6,5 Miliar)
ITER - International  Thermonuclear Experimental Reactor adalah tokamak internasional (kurungan fusi magnetik) penelitian / proyek rekayasa yang bisa membantu untuk melakukan transisi plasmaphysics untuk memproduksi  pembangkit listrik fusi masa depan.

International  Thermonuclear Experimental Reactor

Ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan dengan perangkat seperti DIII-D, TIMUR, ADITYA, Kstar, TFTR, ASDEX Upgrade, Torus Bersama Eropa, JT-60, Tore Supra dan T-15.

. ITER - Eksperimental Fusion Reaktor

Negara: Cina, Uni Eropa, India, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Amerika Serikat
Tahun selesai: 2016 (diharapkan)
Biaya: $ 6,5 Miliar

9. Large Hadron Collider (Biaya: $ 6 Milyar)

Large Hadron Collider (LHC) merupakan  energi tertinggi partikel akselerator di dunia. Hal ini diharapkan akan menjawab pertanyaan-pertanyaan para ahli berdasarkan  themost fisika. LHC terletak di sebuah terowongan 27 kilometer (17 mil), sebesar  175 meter (574 kaki) di bawah daerah perbatasan Perancis-Swiss nearGeneva, Swiss.

Large Hadron Collider (LHC)

Sinkrotron ini dirancang untuk bertumbukan melawan partikel sinar proton pada energi  7 teraelectronvolts (1,12 microjoules) per partikel, atau memimpin inti pada energi 574 TeV (92.0 μJ) per inti. Istilah Hadron mengacu pada partikel yang tersusun dari kuark.

Large Hadron Collider (LHC)

Negara: Swiss
Tahun selesai: 2008
Biaya: $ 6 Miliar

10. Oresund Bridge (Biaya: $ 6 Milyar)

The Øresund atau Öresund Bridge merupakan gabungan jalur kereta api track kembar dengan  jembatan empat jalur jalan tol  di selat Oresund. Jembatan Øresund menghubungkan Swedia dan Denmark, dan menjadi  jalan raya terpanjang dan jembatan kereta api di Eropa.

Jembatan Oresund dari dekat

Jembatan   Øresund  juga menghubungkan dua Area Metropolitan utama: penduduk  ibukota Denmark Kopenhagen dan kota Swedia utama Malmö. Selanjutnya, Jembatan Øresund menghubungkan jaringan jalan raya Scandinavia dengan masyarakat Eropa Tengah dan Barat.

Jembatan Oresund

Nama Resmi: Øresundsbroen, Öresundsbron
Mempunyai: Empat jalur Eropa rute E20 Double track  Oresund Railway Line
Lokal: Kopenhagen, Denmark dan Malmo, Swedia
Designer: Georg Rotne
Desain: Cable-stayed bridge
Total panjang: 7.845 meter (25.738 kaki)
Lebar: 23,5 meter (77,1 kaki)
Rentang terpanjang: 490 meter (1.608 kaki)
Biaya: $ 6 Miliar
Negara: Denmark, Swedia
Tahun selesai: 2000

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan