Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown 2013-01-13

Hypernova (gb. hypernovae), juga dikenal sebagai Supernova 1c jenis, mengacu pada sebuah bintang sangat besar yang runtuh pada akhir masa pakainya. Sampai 1990-an, khususnya menyangkut masalah ledakan dengan energi lebih dari 100 supernova (lebih dari 1048 joule); ledakan tersebut diyakini sebagai asal lama-lama semburan sinar gamma [1].

Setelah 1990, istilah datang yang akan digunakan untuk menggambarkan supernova dari bintang-bintang paling masif, yang hypergiants, yang memiliki massa 100 sampai lebih dari 300 kali dari Matahari. 56Ni membusuk, isotop berumur pendek nikel, diyakini bisa memberikan banyak cahaya hypernova itu [2].

Output radiasi dari hypernova terdekat dapat menyebabkan kerugian serius bagi Bumi;. Namun, hypergiant tidak terletak cukup dekat ke bumi untuk menjadi ancaman [3] Sebuah kelompok yang dipimpin oleh Brian Thomas, astrofisikawan di Washburn University di Kansas, telah menduga bahwa hypernova mungkin telah menyebabkan kepunahan Ordovisium-Silur massa di Bumi 440 juta tahun yang lalu, tetapi tidak ada bukti jelas dari itu. [4]

Para collapsar kata, singkatan dari bintang yang runtuh, sebelumnya digunakan untuk merujuk pada produk akhir keruntuhan gravitasi bintang, lubang hitam bintang-massa. Kata ini kadang-kadang digunakan sekarang untuk merujuk pada model tertentu untuk runtuhnya cepat berputar-bintang, sebagaimana dijelaskan di bawah.

Ambruk bintang
Untuk seorang bintang benar-benar runtuh, lihat lubang hitam bintang.

Inti dari sebuah hypernova runtuh langsung ke dalam lubang hitam, dan dua jet sangat energik plasma dipancarkan dari kutub rotasi di hampir kecepatan cahaya. Ini jet memancarkan sinar gamma intens dan penjelasan calon lama-lama ledakan sinar gamma. Namun, hypernovas tidak kandidat untuk menjelaskan durasi pendek ledakan sinar gamma, yang tampaknya tidak berhubungan dengan bintang-bintang besar, karena beberapa ledakan singkat muncul di daerah di mana tidak ada pembentukan bintang baru - sebuah kebutuhan karena bintang-bintang besar memiliki daya tahan pendek dan dengan demikian harus yang baru lahir.

Output energi dari hypernova dari sebuah bintang masif, ditambah efek berseri-seri, diperlukan untuk menjelaskan kecerahan yang diamati ditambah jarak yang sangat jauh (tahun cahaya hingga 10 miliar, yang diukur dengan pergeseran merah dari ionisasi Perasaan Senang) dari lama-lama (> 2 detik) semburan sinar gamma, yang membutuhkan di urutan 1044 joule emisi radiasi gamma. Sejak jet energi yang kuat akan dibuat sepanjang sumbu rotasi dari lubang hitam, ledakan radiasi energi tinggi kemungkinan akan muncul untuk pengamat di jalur jet, bahkan pada jarak yang pecahan besar yang ke tepi terlihat dari alam semesta. Ini adalah salah satu mekanisme yang diusulkan yang menyumbang operasi jet ', dan yang memiliki mata uang yang cukup besar dengan masyarakat astrofisika.

Sampai saat ini, hypernovas dan lama-lama semburan sinar gamma telah terlihat di pembibitan bintang, tetapi tidak ada yang belum diamati di galaksi kita sendiri.

Karena bintang cukup besar untuk runtuh langsung ke dalam lubang hitam cukup langka, hypernovae juga akan jarang terjadi, jika mereka memang terjadi. Telah diperkirakan bahwa hypernova akan terjadi di galaksi kita setiap 200 juta tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir banyak data pengamatan pada panjang durasi ledakan sinar gamma secara signifikan meningkatkan pemahaman kita tentang peristiwa ini dan menjelaskan bahwa model keruntuhan menghasilkan ledakan yang hanya berbeda dalam detail dari supernova kurang lebih biasa. Namun demikian, mereka terus terkadang disebut dalam sastra sebagai hypernovae. Para hypernova kata itu sendiri diciptakan oleh S.E. Woosley [5].

Collapsar saat ini digunakan sebagai nama model hipotetis di mana cepat berputar Wolf-Rayet bintang dengan inti (lebih dari 30 massa matahari) besar runtuh untuk membentuk lubang besar hitam berputar, menarik amplop sekitarnya materi bintang di kecepatan relativistik dengan faktor Lorentz sekitar 150. Kecepatan ini akan membuat collapsars benda langit tercepat dikenal. Mereka dapat dianggap "gagal" jenis Ib supernova.

Sebuah contoh mungkin collapsar a adalah Sn1998bw supernova yang tidak biasa, yang terkait dengan ledakan sinar gamma GRB 980425. Hal ini diklasifikasikan sebagai supernova tipe Ic karena sifat spektral yang khas dalam spektrum radio, yang mengindikasikan keberadaan materi relativistik.

Tipe lain dari hypernova adalah supernova pasangan-ketidakstabilan, yang SN 2006gy mungkin adalah contoh yang diamati pertama. Peristiwa supernova yang diamati pada galaksi sekitar 240 juta tahun cahaya (72 juta parsecs) dari Bumi. Dalam sebuah supernova pasangan-ketidakstabilan, efek produksi pasangan menyebabkan penurunan tekanan tiba-tiba dalam inti bintang, yang menyebabkan keruntuhan parsial yang cepat, yang menyebabkan peningkatan tajam dalam suhu dan tekanan yang menyebabkan pembakaran termonuklir ledakan dan ledakan lengkap bintang.

Dalam fiksi

Ilmu novel fiksi Jack McDevitt Eye Setan memiliki hypernova luar Bima Sakti.

Novel fiksi ilmiah Perang Selamanya menggambarkan collapsars sebagai cara untuk melakukan perjalanan lebih cepat dari cahaya di alam semesta tersebut. Mereka adalah, bagaimanapun, jauh lebih kecil dalam skala dan dalam kelimpahan yang jauh lebih besar di buku daripada di kenyataan.



Eta Carinae, di konstelasi Carina, salah satu kandidat lebih dekat untuk hypernova masa depan
sumber: http://rizalfahmis.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan