Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown 2013-02-20


Bintang neutron (neutron star) adalah fase akhir siklus hidup bintang besar.bintang neutron neutron star 150x150 Benda Terpadat di Semesta: 12 Fakta tentang Bintang Neutron
Bintang neutron termasuk objek terpadat di alam semesta yang hampir keseluruhannya terdiri dari neutron!
Fakta Menarik tentang Bintang Neutron
Berikut akan disajikan berbagai informasi dan fakta tentang bintang neutron yang akan membuat takjub.
Pembentukan
1. Bintang neutron terbentuk dari ledakan supernova yang dipicu oleh keruntuhan massa bintang besar yang telah kehabisan bahan bakar.
Bagian inti bintang terkompresi oleh tekanan gravitasi sehingga menghasilkan bintang neutron yang sangat padat.
2. Akibat ukuran yang berkurang dari sebelumnya (bintang besar), bintang neutron berotasi sangat cepat.
3. Bintang neutron termasuk benda paling padat di alam semesta dan karena kompresi, gravitasi permukaan bintang neutron sangat tinggi yaitu sekitar 1.011 kali lipat gravitasi bumi!
Sebuah benda yang jatuh ke permukaan bintang neutron akan dipercepat hingga sekitar 1012m/s2, membuat benda tersebut hancur dan terurai menjadi atom-atom penyusunnya.
Untuk melepaskan diri dari gravitasi permukaan bintang neutron, seseorang harus bergerak dengan kecepatan 100.000 km/s atau sekitar sepertiga kecepatan cahaya.
4. Agar bintang besar menjadi bintang neutron, massanya harus 8 kali lebih besar dari massa matahari, tetapi tidak melebihi 20 sampai 30 kali massa matahari.
Jika suatu bintang memiliki massa lebih besar dari 30 kali massa matahari, maka yang terbentuk bukan bintang neutron melainkan lubang hitam (black hole).
Karakteristik
1. Bintang neutron memiliki kepadatan amat tinggi hingga sesendok bintang neutron akan lebih berat dari sebuah gunung!
Satu sendok teh bintang neutron memiliki berat sekitar 5×10^12kg.
Sebuah bintang neutron bisa sekecil ukuran sebuah kota di bumi, katakanlah Jakarta, tetapi berbobot lebih dari matahari!
2. Bintang neutron memiliki medan magnet yang sangat tinggi. Kekuatan medan magnet bintang neutron sekitar 1.012 Gauss atau 1.013 kali lebih besar medan magnet bumi!
Struktur
1. Permukaan bintang neutron, pada suhu sekitar 1 juta Kelvin, sebagian besar terdiri dari inti atom besi dalam kondisi yang sangat padat.
2. Atmosfer bintang neutron memiliki ketebalan 1 meter dan didominasi oleh medan magnet intens sebesar 1.012 Gauss.
3. Saat menggali lebih dalam ke bintang neutron, kepadatan akan semakin tinggi seiring dengan ditemukannya nukleus yang terdiri dari neutron. Inti bintang neutron diperkirakan terdiri dari cairan superkonduktor proton dan elektron!
Penemuan
1. Bintang neutron pertama kali dihipotesiskan segera setelah penemuan neutron pada tahun 1933 oleh Walter Baade dan Fritz Zwicky untuk menjelaskan pemicu supernova.
2. Pada tahun 1965, Antony Hewish dan Samuel Okoye pertama kali menemukan sebuah objek yang memancarkan radiasi gelombang radio di Nebula Kepiting yang terletak di konstelasi Orion.
3. Setelah penelitian intensif, penemuan itu dikonfirmasi sebagai bintang neutron yang kemudian direvisi menjadi bintang neutron berotasi atau disebut pulsar.[]

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan