Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown 2013-02-20

berikut adalah fakta-fakta menarik seputar astronomi.

Nebula yang sangat cantik

  1. Untuk bisa mengumpulkan cahaya yang cukup dari galaksi, dibutuhkan shuter speed 50 jam untuk menghasilkan foto luar angkasa. Waktu yang sangat lama hanya untuk sekedar mengatakan “cheese”!
  2. Hanya sekitar 4% dari obyek-obyek di alam semesta yang memancarkan cahaya.
  3. Gelombang kejut dari ledakan supernova memanaskan gas di dalam foto dengan suhu yang luar biasa panas yaitu 100.000.000 derajat Celsius!
  4. Jarak terjauh yang pernah dicapai oleh wahana ruang angkasa saat menjelajah adalah area tepi Tata Surya. Wahana bernama Voyager 1 tersebut sudah menjelajah jauh dari Bumi selama 34 tahun!.
  5. Bima Sakti tidak hanya tampak seperti sebuah pusaran – ia juga berotasi seperti halnya pusaran air! Butuh waktu 200 juta tahun bagi Galaksi Bima Sakti untuk menyelesaikan satu putaran.
  6. Untuk membuat lubang hitam kecil, kamu harus meremas benda yang massanya sama dengan massa Bumi menjadi sekecil bola yang memiliki diameter beberapa milimeter!
  7. Bintang memiliki warna warni seperti pelangi : biru, kuning, oranye dan merah . Ada juga bintang yang berwana putih. Tapi tidak ada bintang yang tampak berwarna hijau!
  8. Suhu di Kutub Selatan Bumi bisa turun sampai dengan –60°C. Tapi awan gas dan debu tempat hidrogen peroksida ditemukan amat sangat dingin yakni –250°C!
  9. Lawan dari lubang hitam disebut lubang putih. Tidak ada sesuatu pun – bahkan cahaya – yang mampu memasuki lubang putih, tapi benda-benda bisa keluar darinya. Akan tetapi, lubang putih mungkin tidak ada di alam semesta – hanya sebuah solusi untuk sebuah soal matematika yang sangat sukar.
  10. Selama masa starburst yang singkat ini, astronom menduga jika jumlah bintang di dalam galaksi menjadi dua kali lipat.
  11. Galaksi remaja memiliki nafsu makan yang luar biasa besar seperti monster. Ia ditemukan di langit malam di Rasi bintang “Cetus” yang artinya “Monster Langit”!
  12. Very Large Telescope adalah sebuah teleskop yang hebat yang bisa melihat ke masa lalu. Yang artinya cahaya dari galaksi yang sangat jauh membutuhkan waktu miliaran tahun untuk bisa tiba di Bumi. Karena itu, apa yang dilihat para pengamat adalah galaksi-galaksi itu ketika berumur miliaran tahun lalu!
  13. Selain materi gelap, di alam semesta juga terdapat energi gelap. Energi gelap bukan materi tak tampak; disebut energi gelap karena astronom masih gelap tentang hal ini.
  14. Sebagian benda langit tidak bisa dilihat dengan mata kita, tapi benda-benda itu bisa dilihat dengan teleskop khusus, misalnya teleskop sinar-X dan teleskop inframerah. Akan tetapi, materi gelap itu benar-benar tidak tampak dan tidak memancarkan radiasi apapun!
  15. Teleskop APEX berada di padang gurun di Amerika Selatan yang tingginya 5100 meter di atas permukaan laut!.
  16. Bintang tunggal yang meledak sebagai Supernova Tipe Ia bisa menyemburkan cahaya sebanyak seluruh galaksi yang terdiri dari ratusan milyar bintang!
  17. Sebagian bintang ganda menyelesaikan satu kali putaran orbit mengelilingi titik pusatnya kurang dari satu hari, sementara bintang lainnya butuh waktu sampai ribuan tahun!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan