Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown 2013-07-28

Dari sudut pandang planet sejauh yang kita tahu, setidaknya tidak ada tempat yang seperti Bumi.Bumi memiliki segala sesuatu yang kita butuhkan untuk berkembang seperti atmosfer untuk bernapaspasokan air yang melimpah dan iklim.Tapi itu tidak menghentikan kita untuk mencari planet antarbintang lain yang menarik,beberapa di antaranya bahkan mungkin kita bisa tempati di masa depan.Menemukanplanet-planet ini, yang dikenal sebagai exoplanet sangat sulit karena mereka berada di luar tata surya kita

Kita akan melakukan perjalanan jauh dan lebih jauh dari tata surya untuk belajar tentang beberapa planet ekstrasurya paling menakjubkan yang sudah ditemukan.

10. Epsilon Eridani b
http://astronesia.blogspot.com/



Sangat menyenangkan ketika kita membayangkan menjelajahi dunia lain yang tersebar di seluruh galaksikita semua tahu betapa sulitnya jika kita bisa melakukan perjalanan yang luar biasa tersebut.Jadi untuk persinggahan pertama,kita akan berkunjung di exoplanet yang paling dekat dengan Bumi.

Epsilon Eridani b adalah tempat yang bagus untuk memulai karena hanya berjarak 10 tahun cahaya dari Bumi.Satu-satunya Kelemahan dalam perjalanan ini adalah planet ini sangat tidak mungkin untuk ditempati makhluk hidup.


Planet ini adalah planet gas raksasa yang mirip Jupiter,tapi planet ini juga mempunyai orbit yang membawanya sangat dekat dan jauh dari bintang induknya.Jika ini benaritu berarti jika planet memiliki bulan terestrialmereka mungkin tidak akan mampu untuk bertahan dalam perubahan suhu ekstrim yang pergi bersama dengan orbit aneh EpsilonEridani b.Sistim orbit planet ini juga memiliki sabuk asteroid seperti pada tata surya kita.

SebenarnyaEpsilon Eridani dikelilingi oleh dua sabuk asteroid yang kemungkinan menyembunyikan planet seperti Bumi di sistim tata surya nya.


9. Gliese 876d


http://astronesia.blogspot.com/

Saat mencari planet mirip bumi, astronom mencari tempat yang dikenal sebagai zonaGoldilocks dimana air dalam bentuk cair bisa terdapat.Sayangnya, Gliese 876d tidak berada dalam zona Goldilocks.Bahkanplanet ini hampir 50 kali lebih dekat dari jarak Bumi-Matahari dari bintang induknya (Gliese 876dan mungkin memiliki suhu permukaansekitar 642 kelvin (hampir 700 derajat Fahrenheit atau 369 derajat Celcius).


Walaupun Gliese 876d tidak cocok untuk ditempati manusia,tetapi planet ini termasuk salah satu planet berbatu pertama yang mirip Bumi yang pernah ditemukan.Planet ini memiliki massa sekitar 7,5 kali dari Bumi.Planet ini berjarak sekitar 15 tahun cahaya dari Bumi.

8.Gliese 581C

http://astronesia.blogspot.com/

Ketika ilmuwan pertama kali menemukan Gliese 581Cdikonfirmasi sebagai planet super-Bumi,dan mengira planet ini bisa menopang kehidupan.Akan tetapi sampai saat ini,Gliese581C adalah salah satu exoplanets terkecil yang pernah ditemukanberarti itukemungkinan planet berbatu ketimbang ber-gas. 

Terlebih lagiorbitnya berada tepat di zona layak huni bintangnya, yang berarti planet ini mungkin memiliki air cair.Para ilmuwan sangat antusias tentang kemungkinan adanya kehidupan di planet ini dan bersemangat mengirim foto dan teks ke planet ini pada tahun 2008.

Sayangnyasetelah penelitian yang lebih lanjut,planet ini melenceng dari perkiraan.Kitasekarang tahu bahwa orbit planet ini berada sedikit di luar zona layak huni yang akibatnya permukaan Gliese 581C mungkin terlalu hangat untuk memiliki air cair.

Planet ini membutuhkan waktu 13 hari untuk mengorbit bintangnya dan berjarak 20,5 tahun cahaya dari Bumi. 

7. GJ667Cc

http://astronesia.blogspot.com/

Jika Anda tertarik dengan prospek kehidupan lain di alam semesta,mungkin sebaikanya kita lihat planet GJ667Ccsebuah planet ekstrasurya yang dikonfirmasi pada tahun 2012.Planet ini digembar-gemborkan sebagai planet yang kemungkinan bisa menopang kehidupan karena mengorbit dengan nyaman di dalam zona habitasi bintang induknya.

Dua bintang lain mengorbit cukup jauh dari planet ini, pada jarak mirip dengan Saturnusdan Pluto dari Bumi.

Planet ini memiliki massa sekitar 5 kali dari Bumi dan mengorbit 28 hari bintang induknya yang lebih redup dari Matahari.Planet ini berjarak sekitar 22 tahun cahaya dari Bumi.

6. HD 40307g

http://astronesia.blogspot.com/

Para astronom telah mendeteksi sebuah planet asing yang mungkin mampu mendukung kehidupan dan planet itu mirip seperti Bumi dalam skema hal kosmik . 

Penemuan exoplanet yang baru iniyang disebut "super-Bumi"  HD 40307gterletak di dalam zona layak huni dari bintang induknya. jarak di mana air dalam bentuk cairmungkin ada di permukaannya. Dan planet terletak hanya 42  tahun cahaya dari Bumiyang berarti bahwa teleskop masa depan mungkin bisa mengambil gambarsecara langsungkata para peneliti.

Orbit lebih lama dari planet baru ini berarti bahwa iklim dan suasana mungkin tepatuntuk mendukung kehidupan"kata rekan penulis studi Hugh Jonesdari University ofHertfordshire di Inggrisdalam sebuah pernyataan." Sama seperti Goldilocksmenyebabkan bumi menjadi tidak terlalu panas atau terlalu dingin tapi tepatplanet ini meningkatkan kemungkinan untuk menjadi layak huni"

HD 40307g adalah salah satu dari tiga planet yang baru ditemukan di sekitar bintang induknya, terlabih dahulu sudah ditemukan 3 planet lainnya.Total planet yang ditemukan di sistem bintang ini ada 6 planet.
 
HD 40307g adalah planet terluar dari enam sistem planetyang mengorbit pada jarak rata-rata dari 56 juta mil (90 juta kilometerdari bintang(Untuk contohperbandingan,Bumi mengelilingi matahari dari sekitar 93 juta milatau 150 juta km, jauhnya.)
 
5. GJ 1214b

http://astronesia.blogspot.com/

Mungkin ada air cair di planet ini.Bahkan, para astronom berpikir planet mungkin terdiri dari lautan global.Meskipun dalam kasus ini, Samuderanya mungkin terlalu hangatuntuk mendukung kehidupan.
 
Selain berpotensi memiliki permukaan berairplanet ini menarik karena alasan lain.GJ 1214b terletak relatif dekat dari Bumi yakni 41 tahun cahaya dan mengorbit bintangnyadengan cara yang memberi kita pandangan yang lebih baik.Mengapa hal itu penting?Karena kedua kondisi ini membuat GJ 1214b ideal untuk observasi.
 
4. Kepler-16b
 
http://astronesia.blogspot.com/

Sebuah planet dengan dua matahari mungkin tampak seperti film fiksi ilmiah.Namun pada tahun 2011, para ilmuwan menemukan bukti Kepler-16bcontoh definitif pertama dariplanet circumbinaryatau yang mengorbit dua bintang.
 
Karena sistim planet kepler-16b biner (memiliki dua bintang), para ilmuwan dapatmenangkap dips reguler dalam cahaya yang dipancarkan dari sistem  dua bintang setiap kali terhalang satu dengan yang lain.Kepler-16b adalah sebuah planet ekstrasuryaseukuran Saturnus.
 
Kepler-16-adalah planet gas, dingin dan orbitnya berada di luar zona layak huni dan berada 200 tahun cahaya dari Bumi.
 
3. Kepler-10c
 
http://astronesia.blogspot.com/
 
Jika Anda suka panasAnda mungkin ingin memeriksa Kepler-10c.Planet panas ini memiliki ukuran 2 kali ukuran Bumi dan mengorbit 45 hari di bintang induknya.
 
Planet ini berjarak sekitar 560 tahun cahaya dari Bumi. 
 
2. Kepler-11f
 
http://astronesia.blogspot.com/
 
Ilmuwan berhasil menemukan 5 exoplanet yang mengorbit hanya 1 bintang,Kepler-11.Salah satunya adalah planet Kepler-11f.
 
Kepler-11f memiliki ukuran sekitar 2,3 kali massa Bumi dan membuatnya menjadi super-Earth.Seperti semua planet yang berada dalam sistem Kepler-11Kepler-11f memilikikerapatan yang lebih rendah dari Bumiyang berarti komposisinya mungkin sangat berbeda juga dan mungkin mirip Saturnus.
 
Planet ini memiliki jarak 2000 tahun cahaya dari Bumi.
 
1. MOA-2007-BLG-192-Lb
 
http://astronesia.blogspot.com/
 
MOA-2007-BLG-192-Lb, atau lebih singkat MOA-192b, mungkin tidak memiliki namacatchiest di galaksitetapi tetap menjadi planet yang sangat menarik.Planet ini memiliki massa sekitar 3,3 kali dari massa Bumi sehingga termasuk exoplanet yang paling kecil yang ditemukan.
 
Planet ini mengorbit sebuah bintang yang jauh lebih kecil dari matahari yakni katai coklat yang disebut MOA-2007-BLG-192L.Bintang ini tidak dapat mempertahankan reaksi fusinya- itulah sebabnya astronom percaya bahwa planet MOA-192b adalah planet es yang mengandung gas seperti Neptunus dari pada mirip Bumi.

Planet ini berjarak sekitar 3000 tahun cahaya. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan