Popular Post

Popular Posts

Posted by : Surya Putra 2013-07-28

http://astronesia.blogspot.com/
Konstelasi  Cassiopeia

Cassiopeia adalah konstelasi di langit utara, dinamai dari Ratu Cassiopeiadalam mitologi Yunani yang angkuh menyombongkan kecantikannya yang tak tertandingi.Rasi ini salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy.

Rasi ini sangat mudah dikenali karena berbentuk W yang khas,yang dibentuk oleh 5 bintang terang.Rasi ini berbatasan dengan Andromeda ke selatanPerseus di tenggara,dan Cepheus ke utara.Dan dari lintang utara dapat dilihat jelas pada awal November.

Mitologi 
  
Konstelasi ini dinamai Cassiopeiaratu Ethiopia.(Ethiopia bukan tempat yang sama seperti negara Afrika yang disebut Ethiopia).Cassiopeia adalah istri CepheusRajaEthiopia dan ibu dari Putri Andromeda.Cepheus dan Cassiopeia ditempatkan berdekatan diantara bintang-bintang bersama Andromeda.
 

Cassiopeia adalah sosok yang sangat angkuh dan sombong.Suatu hari, Cassiopeiamengatakan bahwa putrinya Andromeda lebih cantik dari semua Nereids.Para Nereidsadalah peri/bidadari laut.Ketika laut dewa Poseidon mendengar apa yang dikatakanCassiopeiadia sangat marah.Dia mengirim banjir dan rakasa laut yang disebut Cetusuntuk menghancurkan Ethiopia.Cassiopeia dan suaminya Cepheus meminta seorangperamal untuk membantunya.Sang peramal mengatakan bahwa mereka harus mengorbankan putri mereka sehingga Andromeda dirantai ke batu.

Seorang pahlawan yang disebut Perseus datang dan menyelamatkan Andromeda.Kemudianmereka menikah.Poseidon masih marah dengan Cassiopeia danmenghukumnya sebagai konstelasi di langit.



 

Bintang Di Konstelasi Cassiopeia

Ada 5 bintang terang di konstelasi ini :

1. Alpha Cassiopeiae (Shedir)



Alpha Cassiopeiae (α Cas / α Cassiopeiae ) merupakan bintang tercerah kedua di rasi Cassiopeia. Bintang ini memiliki magnitude 2.24 dan berjarak 228 tahun cahaya dari Bumi.

Alpha Cassiopeiae merupakan bintang dengan tipe K berwarna jingga dan berukuran raksasa (orange giant). Bintang ini lebih cerah daripada Matahari, tetapi lebih dingin daripada Matahari.

Alpha Cassiopeiae memiliki nama tradisional yang disebut "Shedir" dan merupakanbintang ganda.Bintang ini memiliki massa 4-5 kali Matahari.Kecerahan 676 kali dari Matahari dan suhu permukaan 4.530 K.Bintang ini juga memiliki radius (jari-jari) 42 kali dari Matahari.

2. Beta Cassiopeiae (Caph)



Beta Cassiopeiae (β Cas / β Cassiopeiae) merupakan bintang dari variabel Delta Scuti rasi Cassiopeia. β Cassiopeiae adalah bintang raksasa berwarna kuning keputihan bertipe F (yellow-white F-type giant) dengan magnitudo +2.28 dan berjarak 54 tahun cahaya. 

Bintang ini memiliki suhu permukaan sekitar 6700 K dan massa 2 kali dari massa Matahari.Bintang ini juga mempunyai kecerahan 28 kali dari Matahari serta memiliki radius 4 kali dari jari-jari Matahari.

Bintang ini memiliki nama tradisional Caph, berasal dari bahasa Arab كف kaf, "palem". Bintang ini juga dikenal dengan nama as al-Sanam al-Nakah, berasal dari bahasa Arab yang berarti "punuk unta".

3. Delta Cassiopeiae (Ruchbah)



Delta Cassiopeiae (δ Cas / δ Cassiopeiae) adalah salah satu bintang di rasi Cassiopeia. Delta Cassiopeiae merupakan bintang biner gerhana yang terdiri dari sepasang bintangyang mengorbit satu sama lain dengan periode orbit 759 hari. Bintang ini memilikki magnitudo sekitar +2.68 - +2.74.

Bintang ini termasuk tipe A5III-IVv yang sekarang sedang berkembang menjadi bintang raksasa.Suhu dipermukaannya sekitar 8.400 K dan memiliki kecerahan 63 kali dari Matahari.Bintang ini juga memiliki massa 2,5 kali dari Matahari dan radius 3,90 kali jari-jari matahari serta berjarak sekitar 99 tahun cahaya dari Bumi.

Ruchbah adalah nama tradisional dari bintang ini, berasal dari bahasa Arabركبة rukbah yang berarti "lutut", merefleksikan posisi bintang ini pada lutut sang ratu. Kadang-kadang bintang ini disebut juga dengan nama Ksora.

4. Epsilon Cassiopeiae (Segin)



Epsilon Cassiopeiae (ε Cas / ε Cassiopeiae) adalah salah satu bintang di rasi Cassiopeia.Epsilon Cassiopeia adalah bintang raksasa tipe B berwarna biru keputihan (blue-white B-type giant).

Bintang ini memiliki magnitudo 3,4 dan merupakan salah satu bintang tercerah di konstelasi Cassiopeia.Suhu permukaannya sekitar 15.174 K dan memiliki massa 9.2 dari massa Matahari serta kecerahan 2.500 kali lebih cerah dari Matahari.Bintang ini juga memiliki radius 6 kali dari Matahari dan jarak 430 tahun cahaya dari Bumi.

Segin adalah nama tradisional dari bintang ini. NASA juga memberikan nama tradisional kepada bintang ini, yaitu Navi. Nama ini adalah nama kebalikan dari seorang astronot AS, Virgil Ivan "Gus" Grissom, satu dari tiga astronot yang meninggal di insiden Apollo 11.

5. Eta Cassiopeiae (Achird)




Eta Cassiopeiae (η Cas / η Cassiopeiae) merupakan bintang ganda yang berada di rasi Cassiopeia. Bintang utama pada sistem η Cassiopeiae adalah bintang katai kuning (yellow dwarf main sequence) dengan tipe G0V, hampir sama dengan tipe dari Matahari. Bintang ini memiliki magnitudo 3.46. Komponen lainnya adalah bintang dengan magnitudo 7.51 adalah jenis bintang katai berwarna jingga dengan tipe K7V.

Eta Cassiopeiae mirip Matahari dengan suhu permukaan 6.087 K dan memiliki massa 0,95 dari massa Matahari.Bintang ini juga mempunyai radius 0,66 dari jari-jari Matahari dan kecerahan 0,06 dari matahari dan berjarak sekitar 19 tahun cahaya dari Bumi.

Kadang-kadang, bintang ini disebut dengan nama tradisionalnya, yaitu Achird. Nama ini berasal dari bahasa Latin yang berarti "korset".

6. Gamma Cassiopeiae (Tsih)

http://astronesia.blogspot.com/
 
Gamma Cassiopeiae (γ Cas / γ Cassiopeiae) merupakan bintang yang memiliki magnitudo yang berubah antara 2.20 dan 3.40. Bintang ini bermangitudo 2.2 pada tahun 1937, 3.4 pada tahun 1940, +2.9 pada tahun 1949, +2.7 pada tahun 1965 dan sekarang sebesar +2.15. Bintang ini berputar sangat cepat.

Gamma Cassiopeiae merupakan bintang ganda dengan periode orbit 204 hari.Spektrumbintang raksasa ini masuk kedalam tipe B0.5 IVe.Gamma Cassiopeiae memiliki massa sekitar 19,3 kali dari massa Matahari dan suhu permukaan sekitar 30.900K.Bintang ini juga memiliki kecerahan 55.000 kali lebih terang dari Matahari dan mempunyai radius 10 kali jari-jari Matahari.Gamma Cassiopeiae memiliki jarak sekitar 550 tahun cahaya.

Bintang ini tidak memiliki nama tradisional dalam bahasa Arab, Latin, maupun Yunani seperti bintang yang cemerlang lainnya. Dalam bahasa China, bintang ini sering disebut dengan nama Tsih, yang berarti "(satu bintang di asterisme) Cambuk". Nama kebalikan dari astronot Amerika, Virgil Ivan "Gus" Grissom (Navi) juga dirujukkan kepada bintang ini.

7. Iota Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/


Iota Cassiopeiae (ι Casι Cassiopeiaeadalah sistem bintang tiga di konstelasiCassiopeia dan berjarak sekitar 141,6 tahun cahaya dari Bumi.Bintang primernya berwarna putih dengan magnitudo 4,5.Sedangkan bintang sekundernya merupakan bintang berwarna kuning dengan mag. 6,9 dan bintang tersiernya memiliki mag. 8,4.Bintang primer dan sekunder berdekatan tapi bintang primer dan tersier sangat berjauhan.

8. Psi Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/

Psi Cassiopeiae (ψ Casψ Cassiopeiaeadalah sistim bintang tiga di konstelasiCassiopeia.Bintang utamanya adalah raksasa jingga yang memiliki mag. 4,7.Bintang ini berjarak sekitar 193 tahun cahaya dari Bumi.

9. Rho Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/

Rho Cassiopeiae (ˌ ː roʊ kæsiəpi i ː /,. Cas ρρ Cassiopeiaeadalah bintang maha raksasa kuning di konstelasi Cassiopeia.Bintang ini memiliki mag. minimal sebesar 6,2 dan magnitudo maksimum 4,1.

Bintang ini memiliki kecerahan 500.000 kali dari Matahari dan massa sekitar 14-30 kali massa matahari.Rho juga mempunyai radius 400-500 kali ukuran Matahari dan suhu permukaan sekitar 7200K.Jarak bintang ini sekitar 8.200 tahun cahaya dari Bumi.

10. Sigma Cassiopeiae


http://astronesia.blogspot.com/

Sigma Cassiopeiae (σ Casσ Cassiopeiaeadalah bintang biner di konstelasiCassiopeia.Bintang ini memiliki jarak sekitar 1.520 tahun cahaya dari Bumi dan mempunyai magnitudo gabungan sekitar 4,88.


Komponen utamanya, σ Cassiopeiae Aadalah bintang raksasa biru-putih tipe-B denganmagnitudo 5,0.Sedangkan pendampingnya adalah bintang kerdil dengan mag.7,1.

Hujan Meteor Di Konstelasi Cassiopeia

Hujan meteor Phi Cassiopeiids merupakan hujan meteor yang akan terlihat pada awal bulan Desember yang terpancar dari Cassiopeia.Meteor Phi Cassiopeiids sangat lambat,dengan kecepatan masuknya sekitar 16,7 kilometer per detik.Hujan meteor ini berasal dari keluarga komet Jupiter,meskipun identitas yang spesifiknya tidak diketahui.

Dalam Budaya Populer

-Nama resmi fansclub TVXQ

Cassiopeia juga menjadi nama Fanbase resmi untuk grup boy band Korea selatan,TVXQ.Penamaan Cassiopeia sebagai nama fans bukanlah sembarang. Hal ini dikarenakan arti dari nama internasional untuk DBSk adalah TVfXQ yang jika ditulis menggunakan keyboard computer akan membentuk rasi bintang Cassiopeia. Rasi bintang Cassiopeia  juga memiliki 5 bintang yang mewakilkan tiap member TVXQ yang berjumlah 5 orang. Oleh karena itu, dipilihlah nama Cassiopeia sebagai nama Fandom TVXQ. 

Pada tahun 2008 dan 2011,fansclub Cassiopeia menerima penghargaan dari Guinness World Records dan menjadi fansclub resmi terbesar di dunia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan