Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown 2013-07-28

http://astronesia.blogspot.com/
Gambar ini menunjukkan dua galaksi yang berinteraksiNGC 2936galaksi spiral danNGC 2937 galaksi elips yang agak kecil.Tabrakan dua galaksi ini membuat fitur mirip pinguin dan telurnya.gambar ini dirilis 20 Juni 2013

Astronesia-Sebuah tampilan kosmik berbentuk pinguin bersinar dalam jarak 326 jutatahun cahaya dari Bumi yang terlihat dalam foto menakjubkan yang diambil oleh teleskop Hubble.

Galaksi cantik ini terletak di konstelasi Hydra dan terlihat cukup tenangfoto ini benar-benar menunjukkan dua galaksi bertabrakan satu sama lain,kata para ilmuwan.

Gumpalan galaksi yang berbentuk pinguin ini adalah galaksi spiral NGC 2936.Sebuahgumpalan terang di bagian kiri bawah yang terlihat seperti telur penguin sebenarnyagalaksi elips yang kedua yang dikenal dengan nama NGC 2937 yang menyebabkan galaksi tetangganya robek dan terbelah.Pasangan ini dikenal sebagai Arp 142.

"Mata pinguin adalah sisa dari NGC 2936,sebuah galaksi spiral mirip Bima sakti kita",kata Joe Liske,astronom dari European Space Agency yang menjelaskan dalam video tentangtabrakan galaksi Arp 142.

Foto dari teleskop Hubble juga memegang kejutan lain.

http://astronesia.blogspot.com/
Arp 142 membentuk struktur mirip pinguin yang sedang menjaga telurnya

Dua bintang bersinar terang di bagian atas foto.Bintang di sebelah kanan tampaknya memiliki ekor biru yang melesat berasal dari intinya.Ekor itu sebenarnya sebuah galaksi lainnamun para ahli berpikir bahwa galaksi itu terlalu jauh untuk berinteraksi denganArp 142.

Galaksi biru dan merah yang jauh juga terlihat sebagai titik kecil di gambar ini yang terlihat di sekitar Arp 142.

 


Teleskop Hubble adalah sebuah kerjasama antara NASA dan ESA.Teleskop itu diluncurkan pada tahun 1990 dan sejak saat itu telah memotret banyak fitur jauh alam semesta.NASA berharap untuk menjaga operasional Hubble setidaknya sampai tahun 2018 dan teleskopJames Webb Space Telescope menggantikannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan