Popular Post

Popular Posts

Posted by : Surya Putra 2013-07-28

http://astronesia.blogspot.com/
Pusat galaksi di arah rasi Sagitarius. Bintang-bintang utama dalam rasi Sagitarius ditandai dengan titik merah. Tampak bahwa terdapat penampakan seperti bayangan hitam di tengah yang dikelilingi oleh semacam "aura" cemerlang.

Astronesia-Apa ada yang bertanya-tanya apa saja yang ada di pusat sebuah galaksi kita?

Dalam karya fiksi ilmiah klasik Jules Verne A Journey to the Center of the Earth,ProfesorLiedenbrock dan sesama penjelajah nya menemukan banyak keajaiban yang aneh dan menarik.Begitu juga dengan pusat galaksi kita.Para astronom sudah tahu ada beberapabenda aneh yang ada di pusat galaksi kitatermasuk seperti awan besar debu kosmik,gugus bintang terang,cincin gas yang berputar-putardan bahkan sebuah lubang hitamsupermasif.

http://astronesia.blogspot.com/
Letak matahari di Bima sakti

Jarak antara matahari dan pusat galaksi diperkirakan 28.000 tahun cahaya. Tata surya kita memerlukan waktu 225–250 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit, jadi telah 20–25 kali mengitari pusat galaksi dari sejak saat terbentuknya. Kecepatan orbit tata surya adalah 217 km/d.

Cakram bintang Bima Sakti kira kira berdiameter 100.000 tahun cahaya (9.5×10^17 km), dan diperkirakan rata rata mempunyai ketebalan 1000 tahun cahaya (9.5×10^15 km). Bima Sakti diestimasikan mempunyai setidaknya 200 miliar bintang dan mungkin hingga 400 miliar bintang.

Sebagian besar pusat galaksi kita terlindung dari pandangan kita oleh debu intervensidan gas dalam cahaya tampak,tetapi dapat dieksplorasi menggunakan bentuk lain seperti radiasi elektromagnetik.

Video di bawah adalah digital zoom menuju pusat Bima Sakti yang dimulai dengan memanfaatkan gambar cahaya dari Digitized Sky Survey.

Selama mengeksplorasi pusat galaksi kita.

  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Ilmu - Powered by Blogger - Distributed By Blogger Themes - Designed by Johanes Djogan